Strategi dan taktik Islami dalam kehidupan sehari-hari di bidang tauhid, ibadah, akhlak, muamalah, dan siyasah.

Berfokus pada manajemen (ruang lingkup, waktu, finansial, dan mutu), dan penampilan terbaik alami dari karakter ruhani dan jasmani sesuai ajaran Islam.

~ Hamba Allah ~

Al Hambra, Granada, Andalusia, Spanyol - 1001 Inventions: Muslim heritage in our world. Foundation for Science, Technology, and Civilization

BERSATU: Adakah yg lebih penting bagi umat islam saat ini selain BERSATU!?


Tegakkan Persatuan antar Muslim dan antar Agama


1. Orang lain belum shalat 5 waktu padahal dia muslim. Kita sudah shalat 5 waktu.

Jangan disindir, jangan dihina, jangan dipandang rendah, jangan kita merasa tinggi darinya, jgn dijauhi atau dimusuhi. Kita juga mungkin dulu pernah belum shalat 5 waktu. Tp skr kita sudah. Ajaklah orang itu shalat dgn baik2, singgung dr hikmah kesehatan, disiplin waktu, kesegaran dan kebersihan dgn cuci muka dan anggota badan lain, dll yg dia suka membahasnya. Jgn digurui, jgn dinasehati, jgn diteriakin. Semua butuh proses. Saat ini kita butuh persatuan, bukan permusuhan/perpecahan.


2. Orang lain belum baca Al Qur'an setiap hari padahal dia muslim.

Kita ikutan ODOJ, bahkan ODOJx5 atau ODOJ borongan. Sambil ngafalin juga, plus ngajar Al Qur'an. Subhanallah. Mumtaz antum akhiy!

Spt di atas. Ajaklah orang itu ke majlis2 kajian Al Qur'an yg menarik baginya, bahasan ttg Al Qur'an terkait disiplin ilmu bidang orang itu misalnya. Dia akan senang dan dengan sendirinya membaca dan berusaha memahami Al Qur'an.


3. Orang lain ogah belajar Islam padahal dia muslim

Kita punya gelar M. Ag, Lc, Al Haafidz, Al Ustadz, Al lainnya, dan gemes banget ama orang yg ogah belajar islam (boro2 mau nyantri).

Spt di atas. Survey dan cari tahu ttg org itu, apa yg jadi masalahnya saat itu, cari solusinya, informasikan solusi itu via org terpercayanya/terdekatnya, dan lihat hasilnya. Orang akan menggunakan solusi yg jitu utk masalah2nya yg ada. Dan mulai tertarik utk tahu dan mempelajari lbh dalam. Di Islam semua solusi yg relevan adalah jitu.


4. Orang lain ucapin dan rayain natalan padahal dia muslim.

Kita tahu natalan itu sebenarnya perayaan kelahiran dewa matahari (dewa ra), anaknya dewa horus. dewa ra disebut the the God of Sun, bukan tanggal kelahiran nabi Isa. karena nabi Isa yg disebut umat kristen adalah tuhan Yesus, dilahirkan pada saat kurma sedang berbuah dan itu bukan di musim dingin spt di bulan desember. tapi utk memudahkan pencampuran dan sinkretasi antara agama penyembah dewa2 romawi dengan agama baru hasil kemasan yahudi yg menyamar jd murid Yesus yakni Paulus, maka natalan dan tahun baru yang sebelumnya dirayakan umat penyembah dewa utk memperingati kelahiran dewa matahari dan dewa janus (januari), dan agama baru yakni nasrani bisa diterima masyarakat romawi, maka ya udah lah sekalian aja pura2 diketahui bahwa tuhan Yesus jg lahir bulan desember tgl 25. oh berarti tuhan Yesus itu adalah dewa ra yg kita sembah ya.. yuuk kita sembah sama2... kata masyarakat romawi kala itu.. hal yg sama adalah cerita2 ttg pohon cemara, sinterklas, santa klaus, dst yg aslinya adalah hikayat rakyat setempat. digunakan utk menarik massa pengikut umat nasrani. (capek juga ya nulisnya..)

Spt di atas. Hargai keyakinan mereka, jangan dihina, jangan direndahkan, tapi sayangi mereka sebagaimana kita, mereka juga ciptaan Allah. Juga cari waktu yg pas buat diskusi sekilas ttg natal. Informasikan bahwa org kristiani itu baik2 kok, mereka ga harap dan maksa kita utk ucapin natal dan ikutan perayaannya. kita jg umat islam ga pernah kan harepin dan maksain umat kristen utk ucapin selamat maulid nabi Muhammad dan sampai skr jg ga ada umat kristen yg ucapin itu krn takut kita tersinggung. kok ucapin maulid Nabi Muhammad tapi menganggap Nabi Muhammad itu nabi palsu. Sama kayak kita kalau ucapin natal dan rayain natal tapi tetap nganggap Yesus itu bukan tuhan, ya buat apa juga. Basa-basi yang ga intelek banget deh keknya.


5. Orang lain ngaku islam padahal dia syiah.

Kita tahu bahwa dulu di jaman Nabi SAW ga ada aliran2 apapun, termasuk aliran Syiah. Jadi kl ada aliran apapun yg ada dan muncul setelah nabi SAW wafat itu ya jangan diikuti. Kalau ada 72 aliran baru setelah Nabi SAW wafat, jangan ikuti satu pun dari ke 72 aliran itu. Apalagi penggagas Syiah adalah orang yg sebelumnya Yahudi.

Spt di atas. Juga informasikan bahwa Syiah ga ada lho sblm adanya Nabi. Di hadits akan ada 73 golongan umat sepeninggal Nabi SAW meninggal. yg ke 72 itu yg dibuat2 dan ga ada di jaman nabi. Yg selamat ya yang 1 golongan aja, yang ikutan Al Qura'n dan sunnah nabi baik melalui hadits2 yg diriwayatkan oleh ahlul bait dan sahabat2nya, termasuk 4 khalifah rosyidah.



Ringkasan

Utamakan persatuan terutama di antara umat islam sendiri dan masyarakat indonesia. Tidak ada yang tahu nilai seseorang di mata Allah. Semua orang sedang berproses. Kalau kita menganggap rendah orang yg tidak shalat 5 waktu, mungkin kita yg sudah shalat 5 waktu di masjid "jadi sah" kalau dianggap rendah oleh orang yg tiap hari shalat 5 waktu di masjid, ODOJ borongan, dan tahajjud 100 rakaat.



Ayat-ayat Mulia

فبما رحمة من الله لنت لهم ولوكنت فظا غليظ القلب لانفضوا من حولك.
“Maka disebabkan rahmat dari Tuhanmu kamu dapat berlemah lembut dengan mereka. Kalau sekiranya kamu bersikap keras dan berhati kasar, niscaya mereka akan lari dari sisimu.”(Qs. Ali Imran:159)


Al Hadits

Pada saat Rasulullah dilecehkan oleh penduduk Thaif, wajah beliau ber­cucuran darah karena lemparan batu penduduk tersebut. Pada saat itu, malaikat menawarkan kekuatan untuk membalaskan kepedihan hati Kekasih Allah yang telah dihinakan melampaui batas-batas kemanusiaan. Tetapi, keagungan ahlak Rasulullah tampak dan menggaung ke seantero jagad. Tawaran malaikat di- jawabnya dengan doa, "Ya Allah, ampunilah mereka, karena sesungguhnya mereka tidak tahu. "


Islam itu cinta dan memaafkan

Keagungan akhlak tersebut ditampakkan lagi secara lebih monumental ketika Rasulullah saw. memasuki Kota Mekah yang dikenal dengan futtuh Makkah. Pada saat itu, musuh-musuh Islam menggigil ketakutan. Mereka merasa khawatir kaum muslimin akan membalas dendam karena kekejian yang telah mereka perbuat kepada kaum muslimin.

Dalam suasana yang mencekam, Rasulullah berdiri di depan Ka’bah dan berkata dengan lantang,
"Aku akan berkata sebagaimana Yusuf berkata kepada saudara-saudara­nya. Tidak ada dendam dan kebencian di hati kita semua. Kalian (musuh- musuh Islam) kalau mau, silakan pergi dan bebas ke mana engkau mau, karena kalian sudah kami maafkan."

Inilah kepemimpinan dengan keteladanan (leadership by example) yang menunjukkan jiwa besar Rasulullah saw.. Padahal, selama 23 tahun beliau dan para pengikutnya mendapatkan kepedihan dan siksaan di luar batas kemanusiaan.

Seorang yang bertakwa lebih dominan rasa cintanya daripada kebencian­nya. Lebih besar rasa perdamaiannya daripada permusuhannya. Sehingga, tidak mungkin dari mulut seorang yang bertakwa keluar kata dan kalimat yang mencerminkan sikap kebencian, dendam, dan caci maki.
Tag : BERSATU!
0 Komentar untuk "BERSATU: Adakah yg lebih penting bagi umat islam saat ini selain BERSATU!?"

Back To Top