Strategi dan taktik Islami dalam kehidupan sehari-hari di bidang tauhid, ibadah, akhlak, muamalah, dan siyasah.

Berfokus pada manajemen (ruang lingkup, waktu, finansial, dan mutu), dan penampilan terbaik alami dari karakter ruhani dan jasmani sesuai ajaran Islam.

~ Hamba Allah ~

Al Hambra, Granada, Andalusia, Spanyol - 1001 Inventions: Muslim heritage in our world. Foundation for Science, Technology, and Civilization

Manuskrip-manuskrip Al Qur'an

Telah terjadi polemik berlangsung bahwa Al-Qur'an tidak memiliki naskah dari abad pertama hijrah. Namun, hal ini tidak benar. Banyak fragmen manuskrip Al Qur'an awal diperlihatkan oleh para orientalis terutama oleh Nabia Abbott dalam karyanya The Rise of the North Arabic Script dan pengembangan Kur'anic-nya, dengan penjelasan lengkap dari naskah Al Qur'an di Oriental Institute (1939, Universitas Chicago Press). Di sana ia membahas beberapa naskah Al Qur'an, yang bertanggal mulai dari paruh kedua abad pertama hijrah dan seterusnya, di Oriental Institute, Universitas Chicago. Tujuan halaman ini adalah untuk menyoroti beberapa naskah Al-Quran awal untuk menyangkal klaim bahwa Al Qur'an tidak memiliki manuskrip dari abad pertama hijrah.


Penggalian di Masjid Agung di Ṣanʿāʾ, Yaman, telah menemukan sejumlah besar naskah Al Qur'an yang berasal dari abad pertama hijrah. Tanggal pembangunan Masjid Agung di Ṣanʿāʾ kembali tahun ke-6 hijriah ketika Nabi Muhammad mempercayakan salah satu sahabatnya untuk membangun masjid. Masjid itu dikembangkan dan diperbesar oleh penguasa Islam dari waktu ke waktu. Pada 1385 H/1965 M hujan lebat turun di Ṣanʿāʾ. Masjid Agung terkena dampaknya dan langit-langit di sudut barat laut rusak. Selama survei, pekerja menemukan sebuah kubah besar penuh dengan naskah perkamen dan kertas-kertas baik berupa bahan-bahan material Al Qur'an dan non-Al Qur'an.

UNESCO, sebuah badan Perserikatan Bangsa-Bangsa, telah menyusun sebuah CD yang berisi beberapa manuskrip-manuskrip Ṣanʿāʾyang memiliki tanggal sebagai bagian dari "Memory of the World" program. Dalam CD ini ada banyak naskah Al Qur'an ditulis dalam naskah Hijaiyah (huruf Arab) yang bertanggal dari abad ke-1 hijrah, salah satunya memiliki tanggal di awal abad ke-1. Lebih banyak lagi naskah-naskah dari abad ke-1 atau ke-2 periode hijrah. Kami akan menampilkan hanya beberapa contoh di bawah ini.

Beberapa contoh lagi dari naskah Al Qur'an di abad ke-1 dan ke-1/ke-2 hijrah dapat ditemukan dalam buku Masahif Ṣanʿāʾ (1985, Dar al-Athar al-Islamiyyah). Buku ini merupakan katalog dari sebuah pameran di Museum Nasional Kuwait, dengan artikel yang ditulis oleh Hussa Sabah Salim al-Sabah, GR Puin, M. Jenkins, U. Dreibholz dalam bahasa Arab dan bahasa Inggris. Diharapkan bahwa naskah-naskah San ʿāʾ  akan membawa banyak cahaya pada sejarah awal Islam tentang kaligrafi dan penerangan dan bahkan mengenai berbagai ahruf (ada tujuh) di mana Al Qur'an diturunkan.

 Beberapa perhatian yang perlu tentang penanggalan dari naskah-naskah Al Qur'an perlu disebutkan. Perlu diingat bahwa menetapkan tanggal untuk sebuah naskah-naskah awal Al Qur'an yang tidak bertanggal jarang sekali menjadi hal yang sederhana terutama karena ketiadaan tanda wakf. Ada kecenderungan untuk menganggap bahwa mereka berada dalam skrip-skrip besar dan tanpa huruf hidup adalah dari tanggal-tanggal awal. Asumsi ini, benar sampai batas tertentu, namun menyesatkan dalam dua hal. Hal ini mengabaikan fakta bahwa mushaf-mushaf kecil serta mushaf-mushaf besar Al Qur'an adalah di antara yang merupakan paling awal tertulis dan kedua jenis mushaf tersebut lalu terus ditulis setelahnya. Meskipun asumsi bahwa naskah-naskah dengan huruf vokal harus diperhatikan lebih dari naskah-naskah yang tidak memiliki huruf vokal adalah asumsi yang benar dalam beberapa kasus, hal itu tidak selalu begitu, untuk beberapa naskah yang sangat awal dari Al Qur'an, aslinya ditulis tanpa huruf vokal, yang mana mungkin telah diberi huruf vokal setelahnya. Selain itu, sistem vokal pertama mulai dipakai segera setelah Masahif pertama ditulis. Ada juga contoh Masahif yang datang kemudian yang tidak memiliki huruf vokal bahkan setelah 3 abad setelah hijrah!

Sebagai kehati-hatian, kami menekankan fakta bahwa kami hanya menunjukkan satu lembaran dari naskah-naskah dalam kasus-kasus di bawah ini. Sebuah naskah mungkin berisi surah tambahan. Pembaca disarankan untuk mencari referensi untuk informasi tambahan.

Mencari sesuatu yang sama? Cobalah

The Arabic Papyri | Arabic & Islamic Inscriptions | The Islamic Coins


  
1. Script & paleografi Alquran

Para misionaris Kristen mengklaim bahwa script Kufi berasal tidak lebih awal dari 150 tahun setelah hijrah. Mereka berpendapat bahwa itu juga pandangan dari Martin Lings dan Yasin Safadi. Artikel ini adalah sanggahan menghancurkan klaim mereka.


0 Komentar untuk "Manuskrip-manuskrip Al Qur'an"

Back To Top